International University of Africa

2 08 2010

International University of Africa

International University of Africa (IUA) adalah sebuah perguruan tinggi swasta. Dan dengan perjanjian yang ditandatangani antara pemerintah Sudan dan negara-negara pendiri, IUA memiliki hak dan fasilitas sebagaimana halnya organisasi-organisasi diplomatik. IUA merupakan pengembangan Islamic Center of Africa (ICA) yang didirikan pada 1968. ICA yang pada awalnya hanya membuka sekolah tingkat menengah bagi pelajar Afrika, hanya mampu bertahan dua tahun saja. Namun, pemerintah Sudan kemudian berupaya menghidupkannya kembali dengan skup yang lebih luas, dan mengajukan seruan kepada sejumlah negara Arab untuk ambil bagian dalam proyek ini. Ajakan Sudan ini kemudian disambut baik oleh Mesir, Saudi Arabia, Kuwait, Libia, Qatar, Uni Emirat Arab dan Maroko. Sistem Kuliah Perkuliahan memakai bahasa Arab sebagai bahasa pengantar di seluruh fakultas dan jurusan, dengan menggunakan sistem semester.

I. Fakultas-fakultas

A. Kulliyyat al-Syarî‘ah wa al-Dirâsât al-Islâmiyyah (Fakultas Syariah dan Studi Islam) Studi di fakultas ini difokuskan pada hukum kontemporer, da’wah dan informatika modern. Fakultas ini bertujuan mencetak tenaga-tenaga di bidang hukum, da’wah dan cendekiawan Muslim untuk memenuhi kebutuhan zaman.

Fakultas ini memberikan gelar kesarjanaan S1 di bidang: 1. Syariah 2. hukum, 3. Studi Islam, 4. Da’wah dan Informatika; 5. Diploma di bidang da’wah.

B. Kulliyyat al-Tarbiyah (Fakultas Ilmu Pendidikan) Fakultas ini memiliki bidang-bidang: 1. Ilmu Pendidikan jurusan Geografi, 2. Ilmu Pendidikan jurusan Sejarah, 3. Ilmu Pendidikan jurusan Bahasa Arab, 4. Ilmu Pendidikan jurusan Bahasa-bahasa, 5. Ilmu Pendidikan jurusan Eksakta, dan 6. Ilmu Pendidikan jurusan Studi Islam.

C. Kulliyyat al-‘Ulûm al-Bahtah wa al-Tathbîqiyyah (Fakultas Ilmu-ilmu Pasti dan Terapan) Jurusan yang ada pada fakultas ini adalah: 1. Biologi. 2. Kimia. 3. Matematika. 4. Geologi. 5. Fisika.

D. Fakultas Adab, dengan jurusan- jurusan : 1. Bahasa Arab 2. Bahasa Inggris 3. informatika

E. Fakultas kedokteran

F. fakultas tehnik

G. Fakultas Ilmu komputer Tingkat Pendidikan Di lembaga ini terdapat tiga tingkatan pendidikan, yaitu: Tingkat I Diperuntukkan bagi mereka yang tidak mengetahui bahasa Arab sama sekali. Masa belajar pada tingkat ini empat bulan. Siswa yang berhasil dalam ujian akhir tingkat akan diberikan sertifikat untuk dapat melanjutkan ke tingkat berikutnya. Tingkat II Diperuntukkan bagi mereka yang mengetahui sedikit bahasa Arab, atau mereka yang telah lulus pada tingkat sebelumnya

I. Masa belajarnya pun empat bulan diakhiri dengan ujian akhir tingkat. Siswa yang berhasil dalam ujian ini akan diberikan sertifikat untuk dapat melanjutkan ke tingkat III. Tingkat III Diperuntukkan bagi mereka yang cukup mengetahui bahasa Arab, atau mereka yang telah lulus pada tingkat II. Masa belajarnya juga empat bulan dan diakhiri dengan ujian akhir tingkat. Siswa yang lulus dalam ujian akhir tingkat III, akan diberikan sertifikat untuk dapat melanjutkan ke jenjang tinggi.universiitas Dan kini sedang terdapat pula tingkat IV, yang masih berstatus kelas eksperimen (percobaan).

II. Syarat Penerimaan

A. Umum

1. Berkelakuan baik.

2. Memiliki ijazah jenjang pendidikan yang diminta.

3. Lulus dalam tes masuk dan interview.

4. Menaati peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh UIA.

B. Khusus

1. Memiliki ijazah menengah atas atau yang sederajat dengan nilai tidak kurang dari 60% (baik).

2. Memiliki nilai 60% (baik) pada MK pokok di setiap fakultas yang telah ditentukan, yaitu:

a. Fak. Syariah dan Studi Islam: Pendidikan Islam dan Bahasa Arab.

b. Fak. Ilmu-ilmu Eksakta: Matematika, Kimia, Fisika, Biologi.

c. Fak. Tarbiyah: Pendidikan Islam dan Bahasa Arab.

d. Lembaga Komputer IQRA’: Matematika dan Fisika. IV. Biaya Biaya perkuliahan sebanyak US $ 500,00 (lima ratus dolar Amerika) untuk satu tahun.

 

V. Alamat International University of Africa, PO Box 2469, Khartoum, Sudan. Telex: BADR 22706; Telp.: 224457, 224463, 224462; Faks.: 773766.?

Cara daftar : Bagi calon mahasiswa indonesia yang beminat untuk mendaftar dan mendapatkan beasiswa dapat menghubungi kedutaan repubkik Sudan di Jakarta, biasanya tes penerimaan diadakan di IAIN propinsi yang ditunjuk seperti : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Sunan Kalijaga Jogja ,IAIN Alauddin -Makassar pada bulan Mei – Juni Peluang beasiswa S3 Universitas ini menyediakan beasiswa untuk program s3 bagi mahasiswa asing termasuk Mahasiswa indonesia dan permohonan pengajuan beasiswa ini bisa melalui rekomendasi dari KBRI khartoum sudan kemudian diajukan ke kementrian pendidikan tinggi sudan

 

NB •Beasiswa meliputi asrama, makan, kesehatan, bbebas biaya kuliah.

•90 % mahasiswa S1 Indonesia belajar di universitas ini.

•Pendaftar bisa langsung dating mendaftar di Sudan, tapi tidak mendapat faslitas asrama.

•Baagi lulusan S1 UIA secara ototmatiis mendapatkan fasilitas pembiayaan kuliah sepertti mahasisiwa Sudan, senilai 800 Dollar. Bahkan dalam beberapa kesempatan bisa mendapat pembeebasan biaya kuliah sama sekali.

•Jatah beasiiswa untuk Indonesia setiap tahunnya berkisar antara 30 orang.

•Mahasiswa mendapat keringanan biaya imigrasi.


Actions

Information

3 responses

8 01 2011
Ika

Assalamualaikum.
I’m teacher of Arabic Language in State Senior High School. I want to improve my method of teaching in my school and looking for knowledge and experience in IUA.
So, I want to continue my study in program master of Arabic (S2) in IUA in this year or next year by getting scholarship.
Would you like to tell me the requirements to get that scholarship.
Thank you very much for the attention.
wassalamu’alaikum

20 01 2011
pcinusudan

ok just visit us always

24 01 2011
pcinusudan

wa’alaykumussalam warohmah…

hy ika nice to know you as the teacher of arabic language but so sorry as we know that IUA doesn’t give the scholarship for master degree
but if you wanna scholarship you should get the information from the agreement indonesian university with sudan university such as uin maulana maliki or assyafiah or another… thank for visit us

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: