Mahasiswa Jangan Hanya Berharap PNS

4 05 2009

Mahasiswa Jangan Hanya Berharap PNS

Padang, NU Online
Mahasiswa jangan hanya berharap untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang semakin ketat persaingannya. Mahasiswa juga harus mulai memiliki wawasan kewirausahaan

Demikian dalam Diskusi Panel Kewirausahaan Mahasiswa yang diselenggarakan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Padang, Ahad (3/5) kemarin di gedung serbaguna Bintang Sembilan, Padang.

Menurut dosen UPI Padang Drs H Donmarma SH MM, menumbuhkan jiwa kewirausahaan sudah bisa dimulai semasa mahasiswa. Banyak pengusaha yang sukses kini, juga mulai mengembangkan jiwa kewirausahaannya ketika mahasiswa.

“Seorang pemula biasanya terjebak dengan kesibukan yang menjauhkan dirinya untuk memulai kegiatan sebuah bisnis yang sebenarnya.  Kita selalu terjebak dengan mimpi-mimpi masa depan yang berkepanjangan tanpa melakukan riil bisnis,” kata Donmarma dalam diskusi itu.

Narasumber lainnya adalah praktisi Wirausaha Risbon Antoni S Pd. Diskusi dimoderatori Wakil Ketua Tanfidziyah PW NU Sumbar Ir  Khusnun Aziz MM, diikuti sekitar 80 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Padang dan Lubuak Alung, Padangpariaman.

Sementara itu, Risbon Antoni yang menyampaikan materi dengan tema Peluang Usaha Mahasiswa yang Murah, Mudah dan Praktis, menyebutkan yang penting dalam berwirausaha adalah menumbuhkan percaya diri, dan mau memulai usaha.

“Banyak peluang usaha yang ada disekitar kita yang selama ini tak tampak,” kata Risbon memberikan beberapa contoh. Dikatakannya, dengan sistem viral marketing, kini bisnis yang bisa dikembangkan berbasis HP, yakni Vnet Club.

“Selama ini kita hanya menggunakan hp untuk dibiayai pulsanya. Tapi kini dengan Vnet, selain membiayai pulsa, juga mendapatkan pulsa dan sejumlah uang sesuai dengan usaha yang dikembangkan,” kata Risbon.

Ketua Advokasi PMII Cabang Padang Alim Marwin menyebutkan, kegiatan dimaksudkan untuk pencerahan mahasiswa. Dengan bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Bintang Sembilan Sumbar.

“Diskusi Panel Kewirausahan Mahasiswa ini bertujuan untuk  memberikan wawasan kewirausahaan. Sehingga mahasiswa tersebut mulai melihat peluang usaha yang bisa dikembangkan,” kata Alim.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: