20 03 2009

Lakpesdam NU Sudan Adakan Diskusi Rutin Tiap Malam

Jum’at

Khartoum, NU Online
Silaturrahmi dan peningkatan wawasan menjadi program penting Lakpesdam NU Sudan. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah diskusi rutin setiap malam Jum’at yang dikemas dalam suasana ringan tapi serius berjudul Pesan (Perbincangan Santai)

Pada acara yang digelar hari Kamis (26/2) malam waktu Sudan, diskusi mengangkat tema yang lagi hangat diperbincangkan di dunia, yaitu “Darfur, Antara Konflik dan Perdamaian”. Acara ditempatkan di Wisma Nahdliyyah Khartoum Sudan.

Koordinator Lakpesdam NU Sudan Miftahuddin Ahimy menjelaskan, acara seperti ini menjadi program penting sebagai wahana komunikasi dan berbagi informasi dan perndapat atas peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di masyarakat.

Selain para aktifis NU, sejumlah polisi yang bertugas di United Nation Mission in Sudan (UNMIS) juga hadir untuk menyampaikan fakta yang mereka alami di lapangan. Berbagai sumber informasi ini menjadikan diskusi tidak berjalan sefihak. saja.

Diskusi yang berjalan cukup alot akhirnya berhasil menyimpulkan upaya yang perlu dijalankan untuk mengatasi konflik, diantaranya adalah Sudan memerlukan satu sosok pemimpin kuat yang bisa dipatuhi di Darfur sehingga mampu memberikan arahan dan petunjukan yang benar dan dipatuhi. Selain itu, diperlukan sebuah tatanan masyarakat baru yang mampu menghindari konflik dan menjaga perdamaian.

Peserta diskusi juga mengusulkan, jika upaya perdamaian lewat jalur hukum susah dicapai, pendekatan agama perlu dikedepankan karena adanya fakta bahwa penduduk Darfur yang sebagian besar beragama Islam sangat teguh memegang ajaran agama. (mad)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: