Pengajian Al-Hijrah

5 12 2008

Pengajian ‘Al-Hijrah’ Masyarakat Indonesia di Sudan Bincang ‘Kebersihan Hati’

Khartoum, 21 November 2008, NU Online

Pengajian masyarakat Indonesia “Al-Hijrah” yang dikelola oleh Lembaga Dakwah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan kali ini mengangkat tema tazkiyatun nafs, cleaning the heart, atau kebersihan hati.

Pengajian dwimingguan ini diadakan di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum Sudan, dihadiri oleh masyarakat Indonesia dari pelbagai kalangan yang berada di Sudan.

Mengutip sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, Ketahuilah di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik, maka baik pulalah seluruh perbuatannya. Dan, apabila ia rusak, maka rusak pulalah seluruh perbuatannya. Ketahuilah itu adalah hati. (HR Bukhari dan Muslim).

Jika pemilik hati bisa menjaga kebersihannya dan menghilangkan segala penyakit-penyakitnya, maka pemiliknya akan memancarkan kencantikan rohani. Dan begitu pula sebaliknya.

H Zulham Qudsi Fa yang berlaku sebagai narasumber dalam pengajian di KBRI pada Jum’at (21/11) itu memaparkan beberapa tips agar hati bersih.

Pertama, dianjurkan untuk sering membaca istighfar, meminta ampun kepada Allah SWT. Istighfar mempunyai berbagai macam fadhilah atau keutamaan seperti menghapus dosa kecil, memperlancar rizki, aman dari kejahatan dan menenangkan hati.

Kedua, menutupi kejelekan dengan kebaikan. Rasulullah Saw bersabda “Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan ikutikah perbuatan yang jelek dengan kebaikan maka kebaikan itu akan menutup kejelekan, dan berbuat baiklah kepada manusia.”

Manusia pasti tidak akan luput dari kesalahan. Tapi kesalahan itu bisa kita tutupi dengan banyak berbuat kebaikan.

Ketiga, menghilangkan segala penyakit hati. Seperti takabbur (sombong), hasad (dengki), ria (pamer), ujub (berbangga dengan diri sendiri). Apabila kita bisa menjauhi sifat-sifat itu maka hati kita akan senantiasa bersih.

Keempat, membaca surat Al-Insyiroh 11 kali setelah shalat subuh dan shalat ashar.

Acara dilanjutkan dengan pengajian kitab Arba’iin Nawawi karya imam An-nawawi oleh Dr.KH. Baddrussalam Shof, M Ed.

Pada pada potongan hadits ke 23 juga dibahas hadits yang berkaitan dengan kesucian. Diriwayatkan dari Abi Malik Al-harits bin Ashim Al-Asy’ari RA, Rasulullah SAW bersabda: Bersuci itu sebagian daripada Iman.

Pengajian diakhiri dengan shalat maghrib berjamaah. Meski dengan waktu yang singkat ini diharapkan pengajian Al-hijrah tetap istiqomah dijalankan demi melaksanakan perintah dakwah.

 

 

 


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: